Minggu, 16 Oktober 2011

10 foto terkenal di dunia

1. Fire on Marlborough Street (1975)

Diana Bryant dan anaknya yang masih kecil terjun karena panik akibat kebakaran. Diana Bryant tewas sedangkan anaknya selamat karena dapat ditangkap oleh seorang anggota pemadam kebakaran.

Foto ini mendapat Penghargaan Pulitzer dan merubah standar prosedur penyelamatan Dinas Pemadam kebakaran di kemudian hari.

Photographer: Stanley J. Forman


2. Segregated Water Fountains (1950)

Foto yang menggambarkan pemisahan keran air minum bagi warga kulit putih dan kulit berwarna di North Carolina, USA.

Photographer: Elliott Erwitt


3. The Plight of Kosovo Refugees (1999)

Foto ini masuk nominasi penghargaan Pulitzer. Foto ini menceritakan bagaimana pengungsi kosovo memindahkan Agim Shala seorang bocah berusia 2 tahun melewati pagar berduri.

Photographer: Carol Guzy Source (washingtonpost.com)


4. Tiananmen Square (1989)

Diambil pas demo mahasiswa di Tiananmen Square, kesimpangsiuran berita banyak yang bilang kalo orang itu dilindes tank. Sebenernya gak dilindes tapi setelah momen ini baru Tiananmen Square berubah jadi lautan darah.

Photographer: Stuart Franklin Magnum


5. Oklahoma City Bombing (1995)

Pulitzer Prize for Spot News Photography in 1996. Pada pukul 9:02 19 April 1995. Timothy McVeigh, veteran perang Teluk ngeledakin bom berkekuatan 4800 lbs, hasilnya meluluhlantakkan Gedung Pemerintah Federal Alfred P. Murrah dan menewaskan 168 orang.

Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu serangan teroris terburuk dalam sejarah Amerika.

Photographer: Charles Porter


6. Conrad Schumann (1961)

Penjaga perbatasan Jerman Timur Conrad Schumann melompati kawat pagar untuk masuk wilayah Jerman Barat yang berbatasan dengan Jerman Timur

Conrad Schumann adalah anggota East German Bereitschaftspolizei. Setelah mendapatkan pelatihan 3 bulan, dia ditempatkan di salah satu pos penjagaan perbatasan. karena ia dipanggil oleh temannya yang memang tetangganya sebelum perang dingin, akhirnya tentara ini memilih untuk membelot ke Jermat Barat dengan melompati pagar kawat berduri. (Sebelum dibangun tembok berlin). ini membuktikan sebuah persahabatan mampu mengalahkan busuknya politik.



Photographer : Peter Leibing


7. Loch Ness Monster (1934)

Cerita tentang Monster Loch Ness udah ada sejak taon 565.Tapi baru pas poto ini diambil dan dipertunjukkan pada taon 1934, "Nessie" jadi bahan kontroversi, penelitian ilmiah dan pariwisata.

Antusiasme terhadap makhluk ini baru berakhir pada 1994. Ketika Christian Purling menyatakan bahwa poto ini palsu dan di buat oleh Marmaduke Wethereel. Dibuat dari kayu. Kemudian mereka memotretnya. lalu mereka berusaha menyakinkan Robert Kenneth Wilson seorang dokter lokal untuk memberitahukannya pada dunia.

Photographer : Ian Wetherell


8. U.S. Marines Raising the Flag on Iwo jiwa (1945)

Poto ini bener2 fenomenal. Dicetak beratus2 kopi dan dipublikasikan. Diklaim sebagai poto yang dikenal secara luas dan terbanyak dipublikasikan di Amerika.

Sebenarnya sebelumnya udah masang bendera di situ. cuman karena benderanya rada rombeng gimana gitu, diganti deh ama bendera yang rada bagusan... si fotografer udah menduga itu bakal jadi, dan kesabaran dia untuk dapat momen yang pas ga rugi...

Photograper : Joe Rosenthal


9. Bonek (1993)

Foto ini adalah foto yang diambil oleh wartawan JawaPos, Sholehudin. foto tersebut menunjukan sekumpulan suporter yang sedang menaiki sebuah truk tentara. Foto itu di ambil di salah satu tikungan di jalan Ambengan Surabaya sesaat setelah pertandingan PERSEBAYA. Foto ini mendapatkan penghargaan tertinggi dari World Press Photo Contest untuk kategori sport photo di tahun 1993.

Dalam foto tersebut tampak moment yang diambil sangatlah tepat, diliat dari para wajah para suporter yang berjatuhan sangatlah alami dan ekspresif. begitu juga seorang tentara, pengemudi truk tersebut terlihat kebingungan dalam ekspresinya.

Kejadian ini bermula ketika sang fotografer ingin memotret para bonek ini yang menyalip dari sisi kanan dengan kendaraan lain, karena para bonek yang berebut minta difoto maka truk ini jadi miring ke kanan dan akhirnya terbalik. namun dari pengakuan sang fotografer yang sempat diperiksa tentara bahwa ia ada disebuah warung di pinggir jalan setelah meliput pertandingan PERSEBAYA, tak sengaja dari kejauhan ia melihat sebuah truk yang terlihat oleng, tak mau melepaskan momen berharga itu lalu memotret kejadian tersebut. untungnya tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, hanya beberapa penumpang yang mengalami luka ringan.

Photograper : Sholehudin (Jawa Post)


10. Eagle Nebula (2000)

Gelap tiang-seperti struktur kolom yang benar-benar keren antar gas hidrogen dan debu yang juga bintang incubators baru. Pilar yang menonjol dari dinding interior dari awan gelap molekular seperti stalagmites dari lantai sebuah gua besar.

istilah populernya adalah "The Pillars of Creation". itu foto diambil oleh teleskop luar angkasa Hubble (katanya teleskop itu mau diganti ama James Webb Space Telescope dan Advanced Technology Large-Aperture Space Telescope.)

fotonya sendiri diambil tanggal 2 April 1995 oleh Jeff Hester dan Paul Scowen dari Universitas Arizona (pihak STScl ngizinin universitas untuk make teleskop Hubble). foto itu juga jadi salah satu foto terbaik disitus space.com

Photographer : Hubble

Nah.. Foto mana yang menurut kamu paling mengesankan? beri komentar ya.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post