Rabu, 30 November 2011

7 Tragedi Runtuhnya Jembatan Di Dunia

1.Jembatan San Francisco-Oakland Bay yang menghubungkan kedua kota di California itu pernah ambruk pada 27 Oktober 2009. Penyebabnya justru kesalahan setelah perbaikan. Satu orang terluka dan tak ada yang tewas dalam insiden tersebut.

2.Jembatan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur Indonesia. Jembatan Mahakam II di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang sering dianggap sebagai “The Golden Gate Indonesia” runtuh sepanjang sekitar 500 meter pada Sabtu (26/11/2011) sekitar pukul 16.15 Wita. Beberapa korban ditemukan tewas dan puluhan hilang akibat tercebur dalam air dengan kedalaman 30 meter karena banyak kendaraan yang melintas saat jembatan runtuh. Masih banyak korban yang belum ditemukan, diduga masuk ke air dan terjebak dalam mobil yang pintunya sulit dibuka. Kendaraan yang melintas saat Jembatan Mahakam II sepanjang 720 meter yang runtuh itu kebanyakan sepeda motor. Juga terdapay beberapa kendaraan lainnya seperti mobil, truk, dan minibus. Jumlah korban tewas akibat runtuhnya Jembatan Mahakam dilaporkan 4 orang. Dari data Rumah Sakit Umum Daerah AM Parikesit Tenggarong beberapa korban dilaporkan tewas sementara puluhan korban luka-luka masih dirawat di RSUD.

3.Jembatan Gungahlin Drive Extension di Canberra, Australia. Runtuh pada 14 Agustus 2010. Jembatan beton ini masih kolaps saat setengah dibangun dan penyebabnya masih dalam penyelidikan. Sebanyak 15 pekerja terluka saat itu, tak ada korban tewas.

4.Jembatan Myllsilta di Turku, Finlandia. Runtuh pada 6 Maret 2010 dan tak ada korban jiwa atau terluka. Pada Juni-Juli tahun yang sama, jembatan ini terpaksa dihancurkan. Penyebabnya, jembatan tertekuk 143 cm karena kesalahan struktur di kedua dermaganya.

5.Jembatan Kota Chambal di Kota, India, runtuh pada 25 Desember 2009. Sebanyak 9 orang tewas dan 45 hilang. Jembatan ini runtuh saat sedang dikonstruksi.

6.Jembatan suspensi Tarcoles di Orotina, Kosta Rika runtuh pada 22 Oktober 2009. Jembatan yang dibangun pada 1924 ini keberatan muatan karena sering dilintasi truk serta ada pipa air melintang di atasnya. Lima tewas dan 30 terluka, jembatan rusak total.

7.Jembatan Stirling di Skotlandia tahun 1297. Jembatan itu kepenuhan karena serbuan penyerang yang melintasinya.

Sumber:http://jelajahunik.blogspot.com/2011/11/7-tragedi-runtuhnya-jembatan-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post