Sabtu, 15 Oktober 2011

Tradisi yang hanya ada pada bulan puasa

Profesi/pekerjaan orang berbeda2 tergantung skill dan nasib, di bulan ramadhan banyak sekali orang yang berprofesi dadakan/aji mumpung, walau sebagian sudah punya pekerjaan tetap tapi masih memanfaatkan momen ramadhan untuk mencari uang tambahan.langsung cekidot j gan..

1. penjual makanan dadakan
meskipun di indonesia sudah banyak pedagang makanan,tp msh banyak yg memanfaatkan momen ramadhan dengan berjualan secara dadakan,seperti mahasiswa yg jualan kolak,roti,buah atau parcel di pinggir jalan sebelah kampus.

Spoiler for 1:


2. penjual kartu lebaran
namanya jg kartu lebaran,dijualnya sblm lbrn kan??meskipun sekarang teknologi komunikasi sudah maju,ucapan selamat idul fitri bisa lewat sms,email facebook dll yg notabene lebih simpel,tp sebagian masyarakat masih ada yg menggunakan kartu lebaran.

Spoiler for 2:


3.calo karcis dadakan
yang ini nih yg bikin gregetan masyarakat dan aparat,di bulan ramadan menyambut idul fitri,banyak sekali calo-calo bermunculan di stasuin,terminal dan bandara,juga pelabuhan.gimana ga gregetan,harga tiket alat transportasi macam bus,kereta api,kapal dan pesawat bisa dijual 2 kali lipatnya.kalau sempet pesen tiket jauh-jauh hari gan daripada beli pas hari H,yang ada malah terpaksa beli sama calo..

Spoiler for 3:


4.pembaca doa di pemakaman
bagi agan agan yang mau ziarah ke makam dan kurang fasih membaca doa,bisa meminta bantuan sama orang-orang yang kerjaannya membantu kita membaca doa di makam.biasanya menjelang bulan puasa dan idul fitri banyak yg mangkal di pemakaman,cari aja bapak-bapak yang pakai baju koko sedang duduk-duduk di pinggir makam.

Spoiler for 4:


5.gepeng
yang ini mah ga usah ditanya,ga bulan ramadhan aja udah banyak,apalagi pas bulan ramadhan

Spoiler for 5:


6.ustad dadakan
yang ini ustad beneran gan,cuma baru terkenal setelah mengisi acara-acara di bulan ramadhan
baik di TV maupun di kampung-kampung dan antar RT

Spoiler for 6:


7.penukaran uang receh
biasanya sebelum idul fitri banyak orang-orang penyedia jasa penukaran uang receh.bagi agan-agan yang punya banyak saudara anak kecil,biar mudah bagi bagi fitrah,tuker dulu duit yg 100.000 jd pecahan 2000 yang baru,kan anak kecil suka uang baru,biarpun nominalnya kecil.

Spoiler for 7:


8.penjual mainan dan kembang api(no petasan)
yang ini jangan ditanya gan,kalau ngajak anak kecil beli baju lebaran jangan lewat depan penjual mainan dan kembang api,tar duit agan tambah abis,anak kecil demen baget beli gituan,kalo g dikasih tar nangis,malu kan??

Spoiler for 8:


9.maling dadakan
WASPADA!! itulah kata yang pas apabila mudik lebaran meninggalkan rumah kita kosong.banyak sekali kejadian rumah kosong pas lebaran kecurian.kunci rumah rapat rapat,dan simpan harta yang berharga sebaik baiknya.hati hati dengan maling dadakan!!

Spoiler for 9:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post