Senin, 17 Oktober 2011

Tips menjalani hari-hari indah


1. Buatlah persiapan di malam hari secara rutin.

Siapkan pakaian yang hendak anda pakai di esok hari, jangan menaruh kunci motor/mobil sembarangan – taruhlah di tempat khusus, rencanakan sarapan pagi anda dengan menu yang bergizi, dsb. Tindakan-tindakan sederhana ini saya pikir tidak akan memakan waktu anda lebih dari ½ jam setiap malamnya dan ini saya yakin akan mengurangi sebagian besar kepeningan anda setiap pagi.

2. Rencanakan apa yang akan anda lakukan.

Setiap malam, tulislah agenda-agenda penting esok hari yang harus anda lakukan seharian penuh. Ketika anda menulis, jauhkan perasaan khawatir yang menghantui pikiran anda : bagaimana kalau ini, bagaimana kalau itu. Tuliskan saja rencana-rencana anda dan pukul berapa anda akan melakukannya.

3. Hilangkan segera hal-hal menjengkelkan yang sudah anda ketahui.

Jika alarm jam anda mengeluarkan suara yang mengerikan, pisau cukur elektrik anda sering melukai kulit, mobil/motor anda sulit distarter di pagi hari … segera perbaiki dan hilangkan faktor-faktor penyebab stress ini dari kehidupan anda. Jika anda telah mengetahui hal-hal tersebut sering menjengkelkan anda, tidak ada alasan bagi anda untuk menunda-nunda memperbaiki masalah tersebut.

4. Istirahat yang baik di malam hari.

Pastikan anda cukup tidur setiap malamnya. Tentukan jam berapa anda akan mulai masuk ke kamar tidur anda. Jumlah waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7 jam sehari. Jika memungkinkan aturlah suhu kamar tidur anda, jangan sampai anda tidur dalam keadaan kedinginan atau kepanasan. Suhu kamar yang baik adalah antara 18 – 25 derajat celcius.
Jika anda meminum kopi, aturlah waktu minum kopi anda. Jangan sampai anda terlalu sore mengkonsumsinya, sehingga anda akan kesulitan tidur di malam hari. Efek kafein dari kopi bekerja setelah 5-6 jam anda mengkonsumsinya.

5. Bangunlah ½ jam lebih awal.

Waktu ½ jam dapat membuat perbedaan yang mencolok antara anda menjalani pagi hari dengan tenang atau terburu-buru. Selama anda memiliki waktu istirahat yang cukup, bangun ½ jam lebih awal bukanlah hal yang sulit dan anda akan terbiasa dalam beberapa hari ke depan. Gunakan waktu ½ jam ini untuk melemaskan otot-otot anda, mandi air hangat, sarapan pagi dengan tenang dan melakukan hal-hal lain di luar dugaan.

6. Minumlah segelas air putih setelah bangun tidur.

Tubuh kita tersusun dari 60 – 70% cairan. Jadi air adalah komponen yang sangat penting dan anda tidak boleh sampai terkena dehidrasi (kekurangan cairan). Jika anda kekurangan cairan maka darah anda akan mengental dan hal ini mengakibatkan jantung anda memompa darah 2 x lebih keras. Efeknya anda dapat terkena kelelahan baik mental maupun fisik.
Ketika anda tidur panjang di malam hari, tubuh anda akan kekurangan cairan, sehingga penting sekali ketika anda bangun, anda langsung meminum banyak air putih.

7. Lakukan pelemasan otot-otot anda selama 5-10 menit di pagi hari.

Apakah anda merasa sedikit terhuyung-huyung/pening ketika anda bangun? Jangan takut, ini adalah hal yang normal. Yang harus anda lakukan adalah membantu melancarkan aliran darah anda, sebagai transisi dari keadaan tubuh yang kaku setelah anda tidur.
Lakukan pelemasan-pelemasan seperti menarik kedua tangan anda keatas kemudian menggerakkannya kekiri dan kekanan, menarik lutut anda, berjinjit, dsb. (saya yakin anda mengetahui gerakan-gerakan dasar senam pagi). Anda juga dapat melakukan sit-up atau push-up jika menginginkan.

8. Dengarkan musik dan mandilah air hangat.

Musik dapat mempengaruhi pikiran secara positif, sehingga akan memotivasi anda. Pilihlah lagu-lagu yang membuat anda merasa ceria dan bersemangat sambil anda melakukan aktivitas di pagi hari.
Sementara mandi air hangat adalah sebuah pengalaman yang dapat membuat anda merasa tenang di pagi hari dan membuat badan anda menjadi enteng.

9. Rapihkan tempat tinggal anda.

Aturlah penempatan-penempatan barang dalam rumah anda sedemikian rupa sehingga anda mengetahui persis dimana letak barang-barang milik anda. Taruhlah kembali pada tempatnya barang-barang yang sudah anda gunakan. Sehingga jika anda hendak menggunakannya, anda tidak perlu mencari kesana-kemari yang dapat membuat anda menjadi stress.

10. Bagi anda yang mengendarai mobil/motor, jangan pulang ke rumah dengan kondisi bensin yang hampir kosong.

Mengisi bensin setelah anda selesai beraktivitas bukanlah hal yang sulit bukan? Tetapi mengapa banyak orang menunda melakukannya? Mungkin karena alasan ingin segera sampai di rumah atau kondisi tubuh anda yang sudah sangat lelah sehingga malas mampir ke pompa bensin.
Dengan kesibukan di pagi hari ditambah anda harus mampir terlebih dahulu ke pompa bensin, anda dapat terlambat memulai aktivitas anda, dan tentu saja hal ini bukan awal yang baik.
Selalu periksa tingkat kekosongan bensin anda saat perjalanan pulang dan isilah bensin anda segera, jangan menunda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post