Sabtu, 21 Januari 2012

Otzi, Kutukan Manusia Es Beku Berusia 5000 Tahun !

19 September 1991. Dua pendaki Jerman dalam perjalanan mereka naik melalui Alpen Ötztal ketika mereka menemukan mumi manusia terawat baik dan tertua yang pernah ditemukan di Eropa. Penemuan kontroversial dibuat di Hauslabjoch, perbatasan antara Austria dan Italia. Hal ini menyebabkan berbagai hipotesis tentang berapa umur orang itu dia ketika dia meninggal,bagaimana dia meninggal, dalam apa keadaan kesehatan dia adalah ketika ia bertemu akhir yang malang, dan di atas semua apa yang dia lakukan di sana tinggi di Pegunungan Alpen yang tertutup salju.

Juga dikenal sebagai Tyrolean Ice Man, Ötzi ditemukan sekitar 45 tahun lalu ketika ia meninggal dan ditemukan dilengkapi dengan banyak peralatan seperti kapak batu, busur, dan kerangka ransel yang terbuat dari larch dan hazel. Pada waktu itu, beberapa item hanya seharusnya telah digunakan sekitar seribu tahun yang lalu. Banyak penelitian telah dilakukan pada es beku Ötzi, dan arkeolog percaya bahwa ia mungkin ada selama Transisi Copper-Umur Neolitik di Eropa Tengah lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

Studi tentang jaringan tubuh Ötzi's menunjukkan kematiannya mungkin terjadi di sekitar 3.200 SM. (teknik radiokarbon adalah teknik yang digunakan untuk menentukan umur benda arkeologi kuno setua 50.000 tahun.)

Kontroversi: Apakah Ötzi seorang dukun atau gembala?

Seperti yang telah di beritakan, tubuh Ötzi sangat terawat baik, seperti pakaiannya. Segera menjadi masalah serius diskusi di antara ilmuwan, peneliti dan arkeolog, apakah ia telah menjadi dukun atau gembala? Teori pertama mengatakan bahwa sejak Ötzi ditemukan dilengkapi dengan alat seperti poros panah, satu busur besar terbuat dari yew dan pisau batu, dan mungkin dia hanya gembala. Namun, tidak semua orang setuju.

Rincian Pemeriksaan lumut pulih dari tubuh menunjukkan bahwa ia adalah seorang penduduk Vinschgau, selatan Alpen. Benda signifikan lain yang ditemukan dengan atau di dekatnya adalah kapak tembaga dengan yew, chamois menyembunyikan bergetar, pengasah batu api, binatang yang bersembunyi, dan sebuah sarung. Pollen ditemukan menunjukkan bahwa ia meninggal pada awal musim gugur, yang juga cocok dengan data yang dikumpulkan dari pakaian yang di kenakannya.

Legging dan sepatu terbuat dari kulit kambing dan topi dari bulu beruang. Juga ditemukan tikar dari anyaman rumput rawa rumput,sementara sepatu kulit nya yang diisi dengan rumput untuk kehangatan juga. Ini semua menunjukkan bahwa mungkin ia pergi berburu ketika badai awal musim dingin membuatnya menjadi korban kecelakaan.

Namun, teori lain menyatakan bahwa tujuan dari perjalanannya ke pegunungan tinggi untuk berkomunikasi dengan dunia roh. Ötzi juga ditemukan dilengkapi dengan manik berlubang dari marmer putih dengan jumbai kulit bengkok. Selain itu, ia memiliki tato tubuh dan beberapa peralatan berburu yang belum selesai,yang bersama-sama mungkin mendukung gagasan bahwa dia adalah seorang spesialis ritual. Meskipun ide dia menjadi dukun hanya didukung oleh penemuan-penemuan unik yang terbuat di dekatnya, tidak dapat diabaikan,sebagai terang (atau dipoles) Batu sering diadakan untuk memiliki kekuatan spiritual. Walter Leitner, dari University of Innsbruck, Austria telah datang maju dengan sebuah teori yang menarik yang menunjukkan bahwa Ötzi adalah dukun dan dibunuh oleh musuh-musuhnya untuk mengakhiri kekuasaannya.

Di samping banyak rumor tentang kematian oleh Ötzi itu juga dikatakan bahwa karena kutukan sekitar Ötzi, entah bagaimana mati satu per satu

Menurut mummytombs.com, sejak penemuan Ötzi itu, tujuh orang yang berhubungan dengan dia telah ditemukan mati.

• Rainer Henn, 64 tahun, ahli patologi forensik, University of Innsbruck, tewas dalam kecelakaan mobil. Dia sedang dalam perjalanan ke sebuah konferensi tentang pekerjaan penelitiannya.

• Kurt Fritz, 52 tahun, pemandu gunung, yang dikatakan telah menemukan wajah iceman untuk pertama kalinya, tewas dalam longsoran salju
.
• Rainer Holz, 47 tahun, yang membuat sebuah film dokumenter tentang pemulihan Ötzi itu, meninggal karena tumor otak.

• Helmut Simon, 69 tahun, terkenal sebagai bapak Ötzi karena dia adalah salah satu pendaki Jerman yang menemukan tubuhnya, ditemukan tewas di sungai setelah jatuh 300 kaki .

• Dieter Warnecke, 45 tahun, kepala tim penyelamat yang mencari untuk tubuh Simon,juga meninggal karena serangan jantung segera setelah pemakaman Simon.

• Konrad Spindler, 66 tahun, pemimpin dari sebuah tim ilmiah yang meneliti iceman diInnsbruck, Austria, juga meninggal.

• Tom Loy, 63, arkeolog molekul, yang membuat penemuan luar biasa tentang pakaian Ötzi dan senjata, meninggal karena penyakit darah keturunan.

Pertanyaannya adalah,siapa yang telah mendapatkan manfaat dari cerita-cerita seperti kutukan? Koran? Majalah? Museum di Bolzano, Italia di mana tetap disimpan diawetkan untuk tampilan umum?

YouTube - ( http://www.youtube.com/watch?v=eDhDxlk2nO8 )  "Otzi the Iceman" 1993...

Menggunakan studi DNA baru-baru ini, para ilmuwan berharap untuk menemukan keluarganya iceman's modern ini atau hari dimana sebelum ulang tahun ke-20 penemuan-nya pada bulan September 2011. Sang iceman tetap misterius menjadi bagian dari kontroversi besar mengenai perjalanannya tinggi dipegunungan. Alessandro Vanzetti dan Luca Luca Bondioli, dua arkeolog dariRoma, menunjukkan bahwa iceman itu tewas di sebuah dataran rendah dan kemudian ditempatkan pada platform penguburan lebih lanjut menanjak. Tapi,Albert Zink, Kepala Institut EURA untuk mumi dan Iceman, Bolzano, mengatakan bahwa karena tubuh itu ditemukan tidak rusak kecuali cedera fatal, "Ötzimungkin meninggal di gunung saja."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post