Rabu, 10 Agustus 2011

Warga Inggris Heboh Lihat Sang Ratu Mengemis !

Apa jadinya kalau kita melihat Ratu Inggris duduk di pinggir jalan dengan tampilan yang lusuh seraya mengemis? Mengagetkan? Jelas.

Itulah yang dialami warga yang tinggal di pusat kota Birmingham. Mereka dikejutkan dengan adanya sesosok wanita berpenampilan lusuh dengan wajah mirip Ratu Elizabeth 2 di pinggir jalan, seraya meminta bantuan. Ada sebuah koper besar yang di sampingnya dalam keadaan terbuka.

Namun, ternyata wanita tersebut hanyalah sebuah patung yang dibuat tampak hidup oleh Edgar Askelovic (23).

Edgar adalah seorang pemuda Lithuania, Eropa, yang baru saja lulus dari Fakultas Seni Universitas Birmingham. Dia pindah ke Inggris sejak dua tahun yang lalu dalam rangka mengikuti program pertukaran pelajar. Namun dia memilih untuk menetap di Inggris, karena merasa lebih bebas berkreasi dibandingkan di tempat asalnya.

Patung Ratu Elizabeth II yang menghebohkan tersebut adalah patung pertama yang dibuat oleh Edgar. Edgar sengaja meletakkan patung tersebut sebagai bentuk kritik terhadap situasi perekonomian di Inggris.

"Semua warga Inggris kini tengah sibuk memperbincangkan krisis yang terjadi di Inggris seperti terjadinya resesi. Jadi saya berpikir, apa jadinya jika krisis ini berkelanjutan dan bahkan membuat sang Ratu tidak memiliki rumah? Ini hanya sekadar hiburan," ujar Edgar sebagaimana dikutip Dailymail ).

"Sang Ratu adalah simbol dari Inggris. Saya mencoba mengatakan bahwa saya orang Inggris dan saya dapat bergurau seperti ini," imbuhnya.

Tidak disangka oleh Edgar sebelumnya, patung Ratu yang dia buat dapat memberikan keuntungan tersendiri untuknya. Mengapa? Karena banyak orang yang menyangka patung tersebut adalah seorang pengemis sungguhan, sehingga banyak yang melemparkan uang ke dalam kopernya.

"Patung ini dapat menghasilkan uang rata-rata 6 Poundsterling setiap setengah jam, sedangkan saya hanya dapat 5,85 Poundsterling dalam satu jam jika sedang part-time di sebuah pub," ungkap Edgar.

"Banyaknya uang tergantung di mana patung ini saya tempatkan. Saya agak kaget ketika orang-orang mengira ini manusia sungguhan. Mereka yang penasaran memegang dan menendangnya. Banyak orang yang berdatangan hanya ingin melihat patung buatanku ini," bebernya.

Edgar menyelesaikan patung tersebut selama satu bulan. Dia membentuk wajah Ratu Elizabeth II pada patung pertamanya tersebut hanya dengan melihat wajah sang Ratu dari sebuah foto. Patung tersebut terbuat dari silikon dan bahan plastik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post